Komparasi Metode menghafal Al-Quran Bersanad di Indonesia dan Mesir

Manager BNQ, Ust. Taufiq Saragih, S.Sy bersama Pembicara Seminar Ust Khalid Al-Hafiz, S.Ud

Tepat pada tanggal 28 November 2018 BNQ 90% mengadakan Acara Komparasi Metode menghapal Al-Quran yang bersanad dari Indonesia dan juga dari Mesir. tujuan mengadakan acara ini untuk mengetahui cara atau metode menghafal Al-Quran yang baik dan benar. versi Indonesia dan Mesir, dan alhamdulillah acaranya berjalan dengan baik. 

Menghapal Al-Quran secara keseluruhan hukumnya adalah fardu kipayah. tetapi menghapal sebagian dari Al-Quran adalah fardu ain. artinya setiap orang muslim wajib memiliki hafalan Al-Quran walau hanya sebagian kecil atau sebagian besar, alangkah baiknya jika kita mampu untuk menghapal seluruh Al-Quran.

Bagi para penghapal Al-Quran alangkah baiknya jika memiliki sanad dalam membaca atau menghapal Al-Quran, karena tujuan bersanad, agar mencapai atau bisa membaca Al-Quran sesuai dengan Rasullullah Saw. ini bukan perkara yang bisa diremehkan, karena ini merupakan hal yang penting untuk menjaga Otentisitas Al-Quran. begitu sangat pentingnya harus belajar sanad, karena seandainya jika seluruh buku, catatan dan dokumen yang ada di Dunia ini musnah, termasuk seluruh data di Komputer dan Internet menghilang dan tak bisa di kembalikan, maka hanya ada satu buku yang bisa di tulis kembali, sempurna huruf per huruf  hingga tanda bacanya. tak perlu berminggu-minggu untuk menuliskannya kembali, cukup hitungan jam. itulah kitab Suci Al-Quran.

Mengapa Al-Quran masih bisa di tulis dengan sempurna tanpa berkurang walaupun satu huruf ? Jawabanya ya karena Sanad. dengan adanya pewarisan hafalan Al-Quran 30 juz dari Rasulullah SAW, Sahabat, Tabiin, Tabiut tabien, Para Imam Qiraah ( Qiraah Sabaah ), bersambung hingga Generasi sekarang,dengan adanya Sanad, maka Keaslian dan keotentikan Al-Quran tetap terjamin sejak era hidupnya Nabi Muhammad SAW, Hingga Hari Kiamat kelak.

Karena banyak manfaatnya, maka BNQ 90% mengadakan acara komparasi metode menghapal Al-Quran yang bersanad, dengan diadakan acara tersebut, semoga dapat mengembangkan kita atau menambah ilmu pengetahuan kita dalam menghapal Al-Quran.

Testimoni Peserta Ngaji